MAGANG 1 di SMA IBU KARTINI SEMARANG
Nama saya
Rosita Jannatun Naim, seorang mahasiswa
Pendidikan Bahasa Indonesia semester 5 Universitas PGRI Semarang. Ketika
semester 3 saya dan teman – teman seangkatan saya dari berbagai jurusan
mendapatkan mata kuliah Magang. Di mata kuliah ini kami akan diterjunkan
langsung di sekolahan yang sudah ditentukan oleh kampus dengan berbagai prodi
yang berbeda-beda. Progam magang ini merupakan mata kuliah yang baru dan hanya
baru dari angkatan kami saja. Tentunya masih banyak berita simpang siur
mengenai hal tersebut. Sebelum diterjunkan di sekolahan, ada pembekalannya
terlebih dahulu. Kami dibagi kedalam beberapa kelompok sekolah dengan berbagai
prodi yang ada. Seringkali banyak yang menyebutkan bahwa magang hampir sama
dengan ppl. Padahal hal itu berbeda. Kalau magang itu kami hanya disuruh untuk
observasi sekolah saja, kalau ppl sudah mulai mengajar di kelas.
Magang terdiri
dari 3 tahap, yakni Magang I, Magang 2, dan Magang 3. Kebetulan di magang I
saya diampu oleh ibu dosen Ngatmini, S.pd, M.Pd. Ketika pertama di ajar oleh
beliau, saya merasakan bahwa beliau sedikit galak, namun kemudian setelah
mengenali beliau ternyata tidak seperti yang saya pikirkan. Pada
kegiatan magang 1 kelompok mahasiswa magang masih dalam tahap melakukan
observasi kultur sekolah, observasi membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian
sosial, serta melakukan observasi memperkuat pemahaman peserta didik sehingga
mahasiswa dapat mengetahui dan mampu mendeskripsikan situasi dan kondisi
lingkungan sekolah. Kegiatan magang ini dilaksanakan di Sekolah yang
berdomisili di Semarang. Untuk kelompok kami, mendapatkan tugas di SMA Ibu
Kartini. Di SMA Ibu Kartini, kami dibantu dan dipandu tidak hanya oleh guru
pembimbing dan kepala sekolah saja, melainkan juga dari guru dan karyawan.
Praktik baik yang
dilakukan sekolah (Best Practices) dari SMA Ibu Katini antara lain
upacara rutin hari senin dan upacara hari-hari besar. Sebelum kelas dimulai berdoa dahulu. Setiap siswa yang berprestasi diberi
penghargaan dan diumumkan pada saat upacara. Setiap hari jumat dilakukan sholat
jumat bersama, bagi siswa laki-laki dan bagi perempuan mengaji. Melaksanakan kerja
bakti bersama. Serta mengikuti lomba-lomba antar sekolah. Untuk kurikulum yang
digunakan di sekolahan kelompok kami yaitu kelas X dan XI menggunakan kurikulum
2013, sedangkan untuk kelas XII menggunakan KTSP. Kami melakukan observasi
setiap 2x dalam seminggu. Hanya hari jumat dan sabtu saja. Untuk mata kuliah
magang 1 memiliki bobot 2 sks. Setiap sekolahan pasti mempunyai tata tertib
untuk sekolah tersebut sama halnya dengan yang ada di SMA Ibu Kartini untuk
siswa yaitu datang ke sekolah 10 menit sebelum pukul 07.00 bel pertama / masuk
sekolah. Sudah berada didalam kelas pada waktu jam masuk dan sudah siap belajar.
Mengikuti semua pelajaran/ ulangan dari jam pertama sampai akhir. Menelesaikan
tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru mapel. Membayar uang sekolah
selambat-lambatnya pada tanggal 10 setiap bulan. Dan sedangkan untuk gurunya datang
ke sekolah 10 menit sebelum jam mata pelajaran dimulai. Memberi materi
pelajaran ke siswa-siswi sesuai dengan RPP yang telah disusun. Mengadakan
persiapan-persiapan mengajar seperlunya sesuai dengan kurikulum yang berlaku,
dan masih banyak lagi.
Hubungan interaksis sosial yang
terjalin dalam SMA Ibu Kartini terjalin sanagt baik, harmonis dan akrab. Siswa
sangat menghormati guru dan karyawan. Sedangkan guru menyayangi murid mereka,
sehingga tidak ada rasa kaku dan takut kepada guru. Untuk guru dan karyawan
memiliki cara tersendiri untuk mempererat keakraban dan tali silaturahmi
mereka, sehingga selalu terjalin hubungan yang baik.
Proses kegiatan
belajar mengajar di SMA Ibu Kartini dinilai baik. Sebagian siswa banyak yang
aktif dan bertanya kepada guru, tanpa rasa takut salah. Sedangkan guru
memberikan penjelasan dengan sabar, sehingga siswa mudah memahami pelajaran.
Tidak semua observasi magang yang kami laksanakan berjalan dengan lancar. Ada
beberapa hambatan
yang kami hadapi ketika kami melaksanakan kegiatan magang 1 di SMA Ibu Kartini
yaitu kurang terbukanya tempat – tempat tertentu (laboratorium, perpustakaan,
ruang musik, dll) yang merupakan fasilitas sekolah. Ruangan tersebut terkunci,
dan hanya dibuka ketika akan digunakan saja. Siswa sedikit sulit ketika diminta
bantuan untuk di wawancara. Selain itu, jawaban yang mereka berikan pun kurang
akurat sehingga kita kesulitan dalam pendataan. Bertabrakannya jadwal antar
kelompok. Sehingga ketika ingin membahas tentang laporan magang kami agak
kesulitan. Pemecahan masalah yang kita lakukan yaitu untuk di perpustakaan,
kita meminta kunci kepada salah satu pihak kebersihan di SMA Ibu Kartini,
sehingga kita bisa masuk. Sedangkan untuk di laboratorium, kita melihat kondisi
ruang melalui jendela yang ada, dengan cara membuka jendala dan melihat ke
dalam ruangan. Selain wawancara dengan siswa, kita juga wawancara dengan guru
dan karyawan. Sehingga data yang kami dapatkan leih akurat dan sesuai dengan
apa yang kita butuhkan. Karena sulitnya menentukan waktu untuk membahas laporan
magang, kami menanggulanginya dengan cara saling mengirim email / sms untuk
sharing tentang pembuatan laporan magang, sehingga tidak membuang-buang waktu
untuk saling bertemu. Untuk hasil laporan pada magang 1, ada laporan hasil
observasi 1, laporan hasil observasi 2, dan laporan hasil observasi 3 (a,b). Saya
bersyukur, karna ditempatkan di sekolahan yang letaknya tidak terlalu jauh dan
tidak terlalu dekat. Jadi menurut saya jaraknya sangat pas. Namun sebaiknya SMA
Ibu Kartini lebih menjalin hubungan baik kepada lingkungan masyarakat, agar
lebih dikenal dan banyak yang berminat untuk masuk di SMA Ibu Kartini. Keaktifan siswa yang ditujukan saat proses
pembelajaran merupakan peluang besar untuk meraih prestasi yang baik. Namun
sikap pesismis yang dimiliki siswa harus dihilangkan. Seharusnya siswa
menanamkan pada diri merekan bahwa dimanapun mereka menimba ilmu, jika mereka
bersungguh-sunggu, pasti akan menuai hasil yang memuaskan. Di akhir observasi
magang sebagai ucapan rasa terima kasih kami memberikan sebuah kenang-kenangan
kepada SMA Ibu Kartini yang langsung kami berikan kepada Ibu Kepala Sekolah SMA
Ibu Kartini.
Casinos near and Near Casinos in Norwich | Mapyro
ReplyDeleteLooking 제주도 출장마사지 for Casinos near 오산 출장샵 Norwich? MapYRO has everything you need 오산 출장마사지 to know to 시흥 출장안마 find a casino 원피스 바카라 near you. Find your perfect spot.
joya shoes 112c3xwona328 joyaskodanmark,joyaskonorge,joyaskorstockholm,joyacipo,zapatosjoya,joyaschoenen,scarpejoya,chaussuresjoya,joyaschuhewien,joyaschuhedeutschland joya shoes 414i7senhy522
ReplyDelete